SMS kata dan istilah yang tidak asing lagi ditelinga kita. SMS (Short Message Service) Broadcast atau Pesan Pendek, rasanya kita semua juga sering menerima SMS tersebut baik secara individu (Person to Person) ataupun secara masal (SMS Promosi) dan juga secara khusus (SMS OTP) yang berisi kode unik saat mendaftar suatu layanan secara online maupun offline.
Sebagai contoh kita sering menerima SMS promo-promo di saat-saat waktu tertentu. Hal ini merupakan salah satu strategi marketing sebuah pengusaha. Tentunya untuk melakukan promosi pihak marketing akan melakukan berbagai cara untuk mempromosikan produknya, dari menggunakan selembar kertas, poster di pingir jalan, melalui media sosial, bahkan melalui SMS. Walaupun cara SMS ini bisa dibilang kuno, namun strategi pemasaran seperti ini masih banyak ditemukan, karena tidak dipungkiri pengguna SMS masih banyak baik kalangan anak muda maupun orang tua, baik jenis handphone dengan sistem operasi apa saja tentu memiliki fasilitas menerima SMS. Hal lain juga dikarenkan SMS bersifat personal antara konsumen dengan para produsen/pembisnis.
Penggunaan SMS tidak hanya mengirim SMS secara manual, tidak hanya sekedar mengirim SMS ke nomer hp teman/orang yang ada di daftar kontak atau bahkan mengirim ke nomer hp acak secara berkali-kali. Inovasi teknologi yang selalu memiliki berkembang juga terjadi pada SMS broadcast atau biasa juga disebut SMS Blast, sehingga para produsen (Brand) atau perusahaan yang ingin menggunakan layanan SMS broadcast/Blast tsb tidak perlu kawatir akan mengirim SMS yang sia-sia karena system untuk layanan ini akan meminimaliskan pengiriman SMS yang sia-sia.
SMS broadcast/Blast akan dikirim ke beberapa nomer handphone yang sesuai dengan kireteria tertentu dengan menggunakan Database yang jelas atau juga bisa dengan berkerja sama dengan provider telekomunikasi yang ada. Pengiriman SMS broadcast/Blast yang langsung dikirim ke banyak nomer hp sekaligus melalui system (internet base) dimana SMS broadcast yang diterima memunculkan nama pengirim, berbeda dengan SMS biasa yang menampilkan nomer handphone.
ID Pengirim atau Sender ID atau Masking biasanya berupa nama atau brand perusahaan sehingga seolah nomer pengirim sudah tersimpan dan SMS ini tidak bisa dibalas oleh penerima SMS. Masking atau Sender ID ini juga dirasa lebih efektif dikarenkan penerima SMS akan langsung tau siapa pengirim SMS tanpa harus menyimpan nomer tersebut. Disamping itu dengan menggunakan Sender ID atau Masking penerima akan lebih merasa yakin jika SMS yang diterima tersebut adalah resmi dari Brand/Perusahaan yang dimaksud, mengingat maraknya terjadi penipuan atau HOAX yang menggunakan SMS sebagai media. Sender ID/Masking secara teknis terdiri atas karakter alphabet dan atau Numerik dengan jumlah maksimal 11 karakter (termasuk spasi dan tanda baca).
Selain SMS Broadcast Promo/Marketing saat ini penggunaan SMS Broadcast yang paling penting adalah SMS OTP (One Time Password). Umumnya digunakan sebagai media pengiriman kode rahasia (Unique) suatu layanan saat kita mendaftarkan diri pada layanan tsb. Disamping aspek security SMS OTP juga bertujuan untuk mem-verifikasi nomer handphone yang digunakan/didaftarkan pada layanan tersebut sehingga database pendaftar otomatis akan valid bagi perusahaan pemilik layanan tersebut. Database nomer hp pengguna yang didapat oleh perusahaan pemilik layanan via SMS OTP bahkan jauh lebih valid dibandingkan database email (yang didapat via email pendaftaran), kenapa?…karena nomer Hp yang didaftarkan tersebut otomatis harus nomer aktif yang selalu dibawa oleh si pendaftar, kenapa lebih penting dari email registrasi?…karena pendaftar bisa saja memiliki banyak email yang belum tentu email tersebut selalu dibuka setiap saat.
Kembali pada aspek keamanan, nomer Hp adalah unik dan tidak bisa digandakan (cloning/duplicate) atau dibajak sedangkan kondisi ini tidak ada pada akun email alias email riskan dibajak atau dihack. Dan tentunya masing-masing orang saat ini lebih sering dan pasti membawa handphone dalam kesehariannya. Services SMS yang saya jelaskan diatas ini adalah produk utama dari layanan www.mtext.id.